Ulasan 2 : Reader - Writer Problem

Sabtu, 20 Mei 2017
Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas video dari Youtube yang berjudul “Reader - Writer Problem : Classical Problems on Process Synchronization” yang di publish oleh HowTo. Video ini dapat di akses melalui alamat https://youtu.be/_vfZhdTgA5A, memiliki durasi video selama 8 menit 30 detik dan sampai dengan saat ini telah di tonton oleh 17,764 Viewers.
Readers and Writers problem merupakan masalah klasik pada proses sinkronisasi, terjadi ketika ada 1 file dengan 2 tipe proses yaitu write dan read. Writer dapat memodifikasi informasi pada file tersebut sedangkan Reader hanya membaca informasi pada file tersebut. Problem yang terjadi yaitu pada saat proses Writing, hanya diperbolehkan 1 writer yang melakukan proses writing dalam 1 waktu dan pada saat writing tidak diperbolehkan melakukan reading. Sedangkan pada proses Reading, beberapa reader dapat melakukan reading secara simultan namun pada saat reading tidak diperbolehkan untuk melakukan proses Writing.
Solusinya yaitu dengan menggunakan binary semaphore dimana mutex lock memiliki nilai 1 atau 0 dengan menggunakan variable mutex, wrmutex dengan struktur sebagai berikut:


Writer:
Wait(wrmuter)
           Write Here
           Signal(wrmutex)

Reader:
            Wait(mutex)
            Reader++
            If(reader==1)
               Wait(wrmutex)
            Signal(mutex)
            Read here
            Wait(mutex)
            Reader- -
 If(reader==0)
               Signal(wrmutex)
            Signal(mutex)



Dengan solusi diatas maka beberapa reader dapat melakukan beberapa proses reading secara simultan dalam waktu yang sama.
Video ini memberikan penjelasan yang sangat detail perihal problem yang dialama oleh Readers and Writers dan memberikan penjelasan solusi yang sangat detail dan perlahan.

Github account : blankdubz
URL ulasan :  http://os-bindrawan.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-reader-writer-problem.html
URL Video : https://youtu.be/_vfZhdTgA5A
Video Author : HowTo
Pemetaan : Week07
Revisi Pertama : 20 Mei 2017
Revisi Kedua: 20 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ranking10

Ulasan 1 - Round Robin Schedulling