Ulasan 1 - Round Robin Schedulling

Sabtu, 20 Mei 2017
Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas video dari Youtube yang berjudul “Round Robin Scheduling Algorithm” yang di publish oleh Go Gate IIT. Video ini dapat di akses melalui alamat https://youtu.be/GjrxO-PDPdk, memiliki durasi video selama 6 menit 20 detik dan sampai dengan saat ini telah di tonton oleh 217,533 Viewers.
Round Robin (RR) Algorithm pada dasarnya digunakan untuk sistem pembagian waktu dan mirip dengan penjadwalan FCFS(First Come First Serve), namun preemption ditambahkan untuk switch (peralihan proses) antara proses. Proses-proses yang mengantri akan diberikan alokasi waktu sebesar time quantum, apabila time quantumnya habis atau prosesnya telah selesai akan maka CPU akan dialokasikan ke proses selanjutnya. Dari video tersebut di peroleh pemahaman bahwa algoritma RR tidak memberikan prioritas tertentu pada suatu proses, semua proses memiliki alokasi time quantum yang sama dari CPU.
Video ini memberikan pemahaman cepat tentang penjadwalan RR karena dijelaskan melalui Gant Chart, namun Bahasa inggris yang digunakan agak sulit di pahami karena menggunakan logat India yang membuat adanya penekanan intonasi pada beberapa huruf.

Github account : blankdubz
URL ulasan : http://os-bindrawan.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-round-robin-schedulling.html
URL Video : https://youtu.be/GjrxO-PDPdk
Video Author : Gate Lectures by Ravindrababu Ravula
Pemetaan : Week08
Revisi Pertama : 20 Mei 2017
Revisi Kedua: 20 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ranking10

Ulasan 2 : Reader - Writer Problem